Layanan Loket DPM PTSP Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Layanan Loket DPM PTSP Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Alami tren positif, pertumbuhan investasi di Kota Malang terus melejit. Dari data yang dimiliki, pertumbuhan investasi di kota pendidikan ini mengalami peningkatan yang cukup tajam dari tahun ke tahun.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang, Wulan Ragas Prasiani Iriana menyampaikan, tren yang cukup positif itu terjadi sejak 2016 hingga 2018. Sejak 2016, tercatat jumlah investasi yang masuk senilai Rp 3,8 Triliun. Kemudian pada 2017 alami kenaikan menjadi Rp 8 Triliun lebih dan Rp 10 Triliun sepanjang 2018.

"Kebanyakan investasi dalam bidang perdagangan," katanya pada MalangTIMES saat ditemui di ruangannya di perkantoran terpadu Pemerintah Kota Malang, Jumat (17/5/2019).

Menurutnya, ada banyak upaya yang dilakukan DPM PTSP Kota Malang untuk terus menarik investor menanamkan modalnya ke kota yang juga berjuluk sebagai kota bunga ini. Baik melalui promosi secara langsung dalam bentuk pameran, dan promosi melalui media sosial.

"Dan tentunya adalah kemudahan layanan mengurus izin. Karena kunci utama dari perizinan adalah pada layanan yang cepat, tepat, dan mudah," imbuh perempuan berhijab itu.

Beberapa layanan yang disuguhkan itu seperti kemudahan mengurus izin melalui online single submission (OSS) yang dilengkapi dengan ruangan khusus dan dilengkapi dengan petugas pendamping. Selain itu ada juga layanan gambar gratis yang masih menjadi primadona sampai sekarang.

Bukan hanya itu, Wulan juga menyampaikan jika ada beberapa kajian yang dilakukan untuk menarik investor ke Kota Malang. Dari hasil kajian yang dibuat, para investor disuguhkan dengan berbagai macam keuntungan dan potensi yang akan didapat saat melakukan investasi di Kota Malang.