Layanan mengurus izin di DPMPTSP Kota Malang. (Pipit Anggraeni)
Layanan mengurus izin di DPMPTSP Kota Malang. (Pipit Anggraeni)

Sejak beberapa tahun terakhir, pertumbuhan investasi di Kota Malang mengalami peningkatan yang cukup tajam. Tren positif yang ditunjukkan setiap tahunnya itu tentu tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang.

Diantaranya melalui promosi hingga kajian yang terus digelontorkan untuk menciptakan iklim investasi yang bagus. Hal itu disampaikan Kabid Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPMPTSP Kota Malang, Sony Bachtiar.  

Dia menjelaskan, ada berbagai upaya jitu yang dilakukan untuk menarik investor. Utamanya dalam mendukung setiap program yang dibuat oleh Pemerintah Kota Malang secara menyeluruh. Salah satunya menciptakan Kota Malang sebagai kota destinasi halal.

"Untuk mendukung program Wali Kota Malang, seperti wisata halal dan pasar halal misalnya, kami memberi dukungan melalui program di DPMPTSP," terangnya saat ditemui MalangTIMES di ruang kerjanya, Jumat (17/5/2019).

Lebih jauh dia menyebutkan beberapa upaya yang dilaksanakan untuk menarik investor. Pertama adalah menyusun peta potensi dan peluang investasi sebagai sumber informasi bagi calon investor yang ingin mengetahui potensi dan peluang investasi yang ada di Kota Malang.

Selanjutnya menyusun Draft Ranperwal tentang Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) sebagai dasar acuan bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun kebijakan yang terkait dengan kegiatan penanaman modal. Melalui RUPM, calon investor dapat mengetahui prioritas arah kebijakan Pemerintah Daerah di bidang penanaman modal.

"Kami juga menyelenggarakan pertemuan untuk memfasilitasi bertemunya pelaku usaha startup dengan calon investor melalui MASIF (Malang Startup Investment Forum)," imbuh Sony.

Selain itu, lanjutnya, upaya yang dilakukan adalah menyusun Prospektus Investasi Eks Mall Alun-alun (Eks Mall Ramayana) sebagai bahan informasi bagi calon investor yang ingin menanamkan modalnya di Kota Malang.

"Untuk Mall Ramayana ini menjadi salah satu poin untuk disampaikan kepada investor. Berkaitan dengan keunggulan dan lain sebagainya saat menanamkan modal di sana," paparnya.

Ke depan, untuk menarik lebih banyak lagi investor, menurutnya akan ada banyak inovasi baru yang dikembangkan. Terlebih saat ini DPMPTSP juga sudah melakukan kontrak lelang kerja bersama Wali Kota Malang untuk program yang akan dijalankan lima tahun ke depan.