Kue nastar. (Foto: istimewa)

Kue nastar. (Foto: istimewa)



Nastar rupanya menjadi kue lebaran yang ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat. Siapa sangka ternyata dengan mengonsumsi 3 biji nastar sama dengan mengonsumsi sepiring nasi.

Hal ini dijelaskan oleh seorang ahli gizi bernama dr Tirta Prawita Sari, dikarenakan kandungan nastar yang terbuat dari gula dan tepung putih yang sudah tidak berserat.

"Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi," ungkap Tirta melansir Antara.

Ia menambahkan jika kandungan gizi kue kering yang dibuat dari tepung, gula, telur dan mentega berupa karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak. Zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral.

"Problem kue kering terbuat dari gula dan tepung, kebanyakan tepung putih yang sudah tidak ada serat. Jadi, kue kering itu makanan kecil, tapi bicara zat gizi banyak kalori," imbuhnya.

Menurutnya terlalu banyak memakan kue nastar bisa memicu naiknya kolestrol. "Bisa kolesterol karena menggunakan banyak mentega, banyak butter, yang mengandung lemak. Pemanasan transfat dapat memengaruhi kadar kolesterol," tambah Tirta.

Karena itu, ia menyarankan tidak memakan nastar secara berlebihan. "Kalau bisa dihindari lebih baik dihindari. Kalau memang mau makan disesuaikan dengan kalori lainnya yang telah dikonsumsi," ujarnya.

Sedang, sebutir kue putri salju dengan berat sekitar enam gram mengandung 22,5 kalori. Sementara itu, kue lidah kucing dengan berat 4 gram mempunyai kandungan sekitar 18 kalori. Dalam satu kastengels dengan berat 5 gram memiliki kandungan 20,3 kalori.


End of content

No more pages to load