Poster lomba vlog yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Poster lomba vlog yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)



Berbagai kegiatan digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang untuk mengenalkan wisata museum pada generasi milenial. Terbaru, ada Museum Mpu Purwa Vlog Contest Wisata Heritage 2019 yang dibuka mulai hari ini (15/7/2019) hingga 4 Agustus 2019 mendatang.

Kasi Promosi Wisata Disbudpar Kota Malang Agung Harjaya Buana mengungkapkan, lomba video blog (vlog) tersebut merupakan salah satu upaya mendukung Kota Malang sebagai Heritage City. "Wisata heritage dan budaya memang sedang dicanangkan jadi konsep wisata baru di Kota Malang. Untuk itu butuh banyak promosi, termasuk meninggalkan kesan kalau museum itu kuno alias jadul," ujarnya. 

Agung mengungkapkan, lomba vlog tersebut terbuka untuk umum. Ada sejumlah ketentuan yang harus diikuti peserta. Di antaranya, peserta harus mengambil gambar vlog minimal di dua destinasi di Kota Malang. 

"Ada destinasi wajib yakni Museum Mpu Purwa, dan destinasi pilihan meliputi Kampung Budaya Polowijen, Candi Badut, Kampung Heritage Kayu Tangan, Situs Watu Gong, Makam Bupati serta petilasan-petilasan di Kota Malang," sebutnya. 

Peserta tinggal mengupload karya vlognya melalui Instagram dengan terlebih dahulu mem-follow IG Malangmenyapa dan menyertakan tagar #malangmenyapa #beautifulmalang #museummpupurwa dan #wisataheritagekotamalang. "Batas upload vlog-nya 4 Agustus dan hasil penjurian akan diumumkan 15 Agustus 2019 mendatang. Kriteria penjuriannya, vlog harus orisinil dan belum dilombakan," terangnya.

Lomba yang bisa diikuti secara gratis tersebut merupakan program yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik BOP Museum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk juara pertama, peserta bakal mendapatkan hadiah Rp 6 juta, Rp 5 juta untuk juara dua, dan Rp 4 juta untuk juara ketiga. 


End of content

No more pages to load