Salah satu wisata dalam paket wisata Bumiaji Asyik di Secret Valley, Poh Kecik, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Salah satu wisata dalam paket wisata Bumiaji Asyik di Secret Valley, Poh Kecik, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.



Keinginan Pemkot Batu agar desa wisata di wilayahnya memiliki paket wisata terwujud juga. Rabu (17/6/2019) malam, di tengah suhu menggigil 15 derajat, Kecamatan Bumiaji me-launching sembilan paket wisata Bumiaji Asyik di Secret Valley, Poh Kecik, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. 

Paket wisata yang disuguhkan itu terdiri dari sembilan wisata di masing-masing  desa di Kecamatan Bumiaji. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 190 ribu per pack, wisatawan bisa memilih paket wisata yang ada di sembilan desa di kecamatan ini. 

Salah satu yang masuk paket wisata itu adalah Secret Valley, Poh Kecik, Desa Gunungsari. Di sana wisatawan bisa menikmati wisata camp ground dengan suguhan sunrise (matahari terbit) serta makanan tradisional.

Lainnya ada juga di Bon 15. Di sana ada "surga yang tersembunyi", yakni sebuah kebun hortensia yang berada di tengah hutan. Lalu ada Brak Seng yang  memiliki pesona kabut  berwarna hijau.

Launching paket wisata itu digagas Sengkuyung Bumiaji.  Mereka adalah sebuah wadah persaudaraan warga sembilan desa di Kecamatan Bumiaji. 

Paket wisata Kecamatan Bumiaji ini pun langsung di-launching oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Dewanti  didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono, Kabag Humas Pemkot Batu Suliyana, dan Camat Bumiaji Aditya Prasaja.

Camat Bumiaji Aditya Prasaja mengatakan, adanya paket wisata ini untuk mewujudkan visi Kota Batu, yakni Desa Berdaya, Kota Batu Berjaya. Dia berharap paket wisata itu nantinya bisa menginspirasi Kecamatan Batu dan Kecamatan Junrejo. “Kami bersama warga menggali potensi wisata di desa masing-masing untuk mewujudkan visi Kota Batu,” kata Aditya. 

Paket wisata ini juga sesuai dengan program Kecamatan Bumiaji, yakni One Village One Product. Sehingga dalam satu lokasi juga dijual berbagai produk desa.

Paket wisata ini sangat lengkap, mulai dari wisata alam yang mengandalkan alam yang eksotik seperti Bukit Calliandra, wisata budaya, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata adventure, hingga fun games dan outbound.

Hadirnya Kecamatan Bumiaji yang memiliki paket wisata itu tentunya sangat diapresiasi Dewanti Rumpoko. “Baru Kecamatan Bumiaji yang bergerak mewujudkan Desa Berdaya. Semoga ke depan bisa menginspirasi kecamatan yang lain," ungkap Dewanti. 

Ia pun meminta agar terus dilakukan evaluasi dan penambahan sarana dan prasarana wisata. Tentunya agar memudahkan dan membuat wisatawan nyaman.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan,  adanya kesiapan promosi untuk paket desa wisata memudahkan mendatangkan wisatawan sehingga akan berimbas pada perekonomian warga.

“Ke depan semoga desa lainnya bisa mencontoh desa wisata yang sudah punya paket,” harap Imam.

Dalam launching ini juga disuguhkan  fire dance, tari tradisional, tari kontemporer, hingga lagu-lagu yang diiringi musik saksofon. Sehingga membuat acara tersebut berlangsung dengan semarak meski di tengah suhu menggigil 15 derajat. 


End of content

No more pages to load