Suasana Talk Show sinergitas, Pariwisata dan Sanitasi di Amphitheater Cafe Sawah Pujon Kidul (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Suasana Talk Show sinergitas, Pariwisata dan Sanitasi di Amphitheater Cafe Sawah Pujon Kidul (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



Konsep wisata sanitasi di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang terbukti memikat Wali Kota dan Bupati yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Bahkan salah satu Bupati Pringsewu, Sujadi menyatakan tertarik membangun hotel di kawasan Pujon Kidul.

"Ini inspirasi kawasan Pujon ini, kunci keberhasilan. Tentu ini merupakan sesuatu keberhasilan dimana pengelola alam dan pemilik alam menjadi satu. Sehingga menjadikan keberhasilan wisata bagi masyarakat pujon. Saya tertarik bagaimana jika saya berinvestasi membangun hotel di kawasan Pujon Kidul ini?," ungkapnya ditengah-tengah Talk Show sinergitas, Pariwisata dan Sanitasi di Amphitheater Cafe Sawah Pujon Kidul, Kamis (8/8). 

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Malang Sanusi menyatakan jika kepala daerah lain menginginkan investasi pembangunan hotel akan disiapkan di daerah Kabupaten Malang lainnya, yakni di Kepanjen. Karena kawasan Pujon Kidul hanya akan memanfaatkan potensi desa melalui masyarakatnya.

"Pujon Kidul ini, pihak desa sudah menutup. Di sini memanfaatkan potensi desa dari masyarakat saja, jadi kalau mau investasi hotel silakan, saya siapkan di Kepanjen," ujarnya disambut tawa oleh peserta yang hadir dalam acara Advocacy Horizontal Learning (AHL) itu.

Sementara, Kepala Desa Pujon Udi Hartoko mengungkapkan terkait adanya pembangunan hotel memang tidak diberlakukan. Karena untuk sarana menginap wisatawan di Pujon Kidul memanfaatkan potensi desa yakni homestay.

"Mari berwisata di sini bareng pak Bupati (Bupati Pringsewu), kami siap. Di sini sudah kami siapkan homestay yang  merupakan potensi desa asli," ungkapnya.


End of content

No more pages to load