Proses pengecekan kelengkapan kerja petugas PLN. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Proses pengecekan kelengkapan kerja petugas PLN. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Unit Layanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (ULP PLN) menyiagakan seluruh personelnya untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem. Langkah kesiapsiagaan PLN ini diawali dengan pengecekan kelengkapan kerja personel.

Upaya menyiagakan personel PLN dalam menghadapi cuaca ekstrem ini ditandai dengan menggelar apel kesiapan yang diikuti oleh puluhan petugas PLN di Kantor ULP Kabupaten Jombang, Kamis (14/11).

Manager bagian jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto Faris Fitrianto mengatakan, apel tersebut guna mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah pelayanan seperti Mojokerto dan Jombang.

"Kesiapan personel untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan, musim hujan berbeda dan memerlukan kewaspadaan yang lebih, serta sebagai langkah antisipasi cuaca ekstrem," ujarnya, Kamis (14/11) pagi.

Dalam apel tersebut, pihaknya juga mengecek langsung peralatan yang digunakan oleh personel di lapangan. Mulai dari body protector hingga alat-alat elektronik yang digunakan. "Alat kerja dan personel sangat penting guna melaksanakan tugas perawatan dan tindakan, jika ada masalah di lapangan," tegasnya.

Faris juga mengimbau agar para pelanggan segera melapor ke ke PLN, jika menemukan masalah instalasi kelistrikan saat cuaca ekstrem melanda. PLN mengharapkan peran aktif masyarakat untuk menyampaikan kondisi di lapangan.

Pihak PLN menyampaikan agar pelaporan pelanggan melalui kontak person yang disediakan khusus untuk pelayanan pelanggan. "Cara dengan melakukan panggilan ke 123 dari telepon rumah atau saat menggunakan handphone diawali dengan kode area. Misal untuk Jombang yakni dengan 0321123 maka laporan tersebut akan segera ditindak lanjuti," pungkas nya. (*)