Petugas gabungan beserta kepolisian saat melakukan apel pengamanan sebelum laga Arema versus Persebaya berlangsung
Petugas gabungan beserta kepolisian saat melakukan apel pengamanan sebelum laga Arema versus Persebaya berlangsung

Personel kepolisian dari Polres Malang bakal dilibatkan dalam pengamanan laga Semifinal Piala Gubernur Jatim (Jawa Timur) 2020, antara Arema FC kontra Persebaya, Selasa (18/2/2020) sore.

Dalam laga yang diagendakan bakal digelar di Stadion Supriyadi, Kota Blitar ini, sedikitnya ada 60 personel kepolisian dari Polres Malang yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya laga antara Arema FC menghadapi Persebaya tersebut.

”Sebanyak 60 personel dari Polres Malang ini sudah dikerahkan untuk diperbantukan ke Blitar. Tadi pagi (Selasa 18/2/2020), 60 personel yang terlibat dalam BKO (Bawah Kendali Operasi) sudah diberangkatkan ke Blitar,” kata Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati.

Pihaknya menjelaskan, 60 personel yang ada dalam BKO tersebut, merupakan petugas gabungan dari berbagai unit dan fungsi. Yakni mulai dari unit Sabhara, Satlantas, hingga Satreskrim Polres Malang.

”Selain mengirim 60 personel ke Blitar, Polres Malang juga melakukan razia penyekatan di beberapa titik rawan adanya pemberangkatan suporter Aremania dan Bonek ke Blitar,” ujar Nining.

Seperti yang sudah diberitakan, ke-60 BKO dari kepolisian Polres Malang ini bakal bersinergi dengan 710 personel gabungan dari Polres Blitar Kota. Dimana dalam laga yang diprediksi bakal menghadirkan tensi tinggi ini, pihak kepolisian bakal melakukan pola pengamanan menjadi tiga ring.

Rinciannya, pengamanan pada ring ketiga terletak di perbatasan kota yang meliputi perempatan 511 Jalan Bali Kota Blitar, Pertigaan Herlingga Jalan Soedanco Supriyadi, Jalan Ciliwung utara masuk Kelurahan Ngadirejo, batas kota Jalan Cemara tepatnya di dekat Hotel Gita Puri, Jati Malang dan Perempatan Pakunden Jalan Tanjung Kota Blitar.

Sedangkan ring dua berada di jalan utama dan di kawasan Stadion Supriyadi Kota Blitar. Yakni mulai dari pertigaan antara Jalan Kalibrantas dan Jalan Ciliwung, Jalan Dr Wahidin, perempatan antara Jalan Kelud dan Jalan Kartini hingga perempatan Jalan Dr Wahidin dan Jalan Kartini.

"Ring dua ini steril, kendaraan tidak ada yang boleh masuk ke ring dua. Nanti akan ada pengalihan arus lalu lintas," ungkap Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela sembari mengatakan jika ring satu personel keamanannya bakal disiagakan di dalam Stadion Supriyadi.

Sebagi informasi, pemindahan venue pertandingan ke Stadion Supriyadi, Kota Blitar ini dilakukan dengan pertimbangan kondusivitas dan keamanan. Dalam laga yang dijadwalkan kick off pada pukul 15.00 WIB ini, bakal berjalan tanpa adanya penonton di tribun stadion.

Hal itu dilakukan demi alasan keamanan. Sebab, seperti yang sudah diketahui Arema FC dan Persebaya ini memang memiliki historis tersendiri. Bahkan hubungan antara basis suporter kedua tim, yakni Aremania dan Bonek juga tidak terlalu harmonis.