Demo di depan Kantor Bawaslu Surabaya
Demo di depan Kantor Bawaslu Surabaya

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya, Muhammad Agil Akbar menyatakan, pihaknya tengah memproses hasil dari klarifikasi terhadap Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi.

Selasa (18/2/2020), Bawaslu melayangkan surat kepada seluruh partai politik, termasuk PDIP Surabaya. ’’Meminta informasi apakah benar Saudara Eri Cahyadi ini pernah mendaftar atau direkom dalam rangka Pilkada Surabaya 2020,’’ katanya.

’’Itu langkah kita saat ini. Untuk Pleno Insya Allah akan digelar Rabu (besok, Red),’’ kata alumni dari Unesa Surabaya ini.

Dia menjelaskan pihaknya tidak merasa ada tekanan dalam proses klarifikasi. Soal aksi ratusan masa yang mengatasnamakan relawan Eri Cahyadi menurut dia adalah bentuk dukungan yang wajar.

’’Ya tidak apa-apa. Ini kan kantornya masyarakat juga. Prinsipnya kami tidak menanggapi, karena itu hak mereka (Relawan, Red),’’ kata Agil.

Diketahui, ratusan ibu-ibu menggruduk kantor Bawaslu Surabaya kemarin. Mereka memberikan dukungan terhadap Eri yang tengah dimintai klarifikasi oleh salah satu penyelenggara Pemilu.

Kepala Bappeko Surabaya ini dipanggil lantaran adanya bentuk deklarasi dari relawan, pemasangan spanduk, hingga selebaran yang bermuatan politis sebagai pasangan dari Armuji (Cakji), dalam dukungan bakal calon Walikota di Pilwali Surabaya 2020.